Hacksaw Ridge (2016) : Tentara Tanpa Senjata Peraih Penghargaan

Setelah lama tidak menulis review film di blog, bukan karena tidak pernah menonton film di bioskop, bukan. Hanya karena memang saya lagi malas menulis. Susah memang menghilangkan sifat pemalas ini ya. Hahaha

 

Kali ini saya mau menulis review film Hacksaw Ridge yang baru saya tonton kemarin Senin, 07 November 2016. Hacksaw Ridge merupakan sebuah film garapan sutradara Mel Gibson. Sebenarnya Mel Gibson bukan orang baru di dunia perfilman, baik sebagai aktor maupun sutradara. Mungkin sebagian orang lebih sering mengenal Mel Gibson sebagai aktor daripada sutradara, termasuk saya. Wajar saja menurut saya. Film Hacksaw Ridge ini bisa dibilang comeback nya Mel Gibson sebagai sutradara setelah absen sekitar 10 tahun sebagai sutradara.

 

Film Hacksaw Ridge sendiri bercerita tentang seorang tentara perang dunia ke II di Amerika yang menolak untuk mengangkat senjata. Aneh memang, bagaimana bisa seorang tentara yang ikut berperang tetapi ia berperang tanpa mengangkat senjata sama sekali sewaktu berperang dan ini kisah nyata!!! Tidak umum memang, tetapi ini fakta.

Diadaptasi dari sebuah kisah nyata seorang warga Amerika bernama Desmond Doss (Andrew Garfield) mendaftar untuk mengikuti pelatihan militer (bela negara). Tidak seperti prajurit tentara pada umumnya. Sejak mengikuti pelatihan militer di kamp-nya, Desmond Doss sudah menolak dengan tegas untuk mengangkat senjata. Tidak hanya itu, ia juga menolak untuk bekerja di hari Sabtu karena menurut keyakinannya hari Sabtu merupakan hari yang sakral untuk beribadah. Keyakinan inilah yang membuat Doss di bully oleh rekan satu kamp-nya. Ia juga dianggap pembangkang hingga terancam hukuman penjara militer.

 

Singkat cerita, setelah melewati perjuangan panjang dan cukup ribet, terbebaslah Doss dari ancaman hukuman penjara. Ia pun senang, karena pihak militer juga mengabulkan permintaannya untuk bertugas di divisi paramedis. Ya memang, bidang paramedis merupakan incarannya sejak awal mendaftar sebagai prajurit tentara.

 

Desmond Doss terus dipandang sebelah mata, apalagi ditambah dengan postur tubuhnya yang kecil dan tidak “berisi” sebagaimana postur tubuh tentara pada umumnya. Banyak yang menilai ia tidak akan berguna di medan pertempuran. Namun, siapa sangka, berbekal kemampuannya di paramedis, serta keyakinannya yang kuat,hati yang teguh ulululu… Doss sebagai prajurit tentara paramedis mengukir sejarah baru dalam dunia militer Amerika Serikat. Pria asal Virginia ini mejadi satu-satunya prajurit tentara paramedis yang mendapatkan penghargaan tertinggi “Medal Of Honour” dari pemerintah Amerika Serikat. Ia berhasil menyelamatkan 75 tentara sewaktu dikirim untuk berperang di Okinawa pada perang dunia ke II.

 

Menurut saya Andrew Garfield sukses memerankan Desmond Doss di film ini. Tak hanya aktingnya yang apik, ternyata pemilihan Andrew Garfield juga sesuai dengan the real Desmond Doss yang berbadan kurus,lugu, cupu, serta berkeyakinan kuat, dan hati yang teguh. Selain Andrew Garfield, film ini juga dibintangi oleh Sam Worthington, Hugo Weaving, Teresa Palmer, dan Vince Vaughn yang kocak. Mel Gibson sebagai sutradara juga berhasil memvisualisasikan dengan baik betapa kejamnya pertumpahan darah di masa perang dunia ke II. Adegan-adegan di film ini pun terasa sangat real, adegan fighting, baku tembak, serta ledakan bom yang menggelegar yang mampu membawa suasana mencekam.
Penasaran? silahkan tonton sendiri. Saya jamin kalian yang menontonnya tidak akan menyesal. Begitu film selesai, jangan buru-buru keluar studio, karena diakhir film ada penjelasan tentang fakta Hacksaw Ride nya. Selamat menikmati.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: