Review Film Snowden ; Seorang pengkhianat atau pahlawan?

Wah, sudah lama gak nulis di blog lagi. Kali ini mau ngereview film lagi aaahhh. Saya mau ngereview tentang film Snowden. Kebetulan saya baru menonton film ini hari Senin 10 Oktober 2016.

 

Snowden merupakan sebuah film box office garapan sutradara Oliver Stone. Film ini diambil dari sebuah buku yang berjudul “The Snowden Files : The Inside Story of The World’s Most Wanted Man”. Film yang berdurasi kurang lebih 2,5 jam ini bercerita tentang Snowden (Joseph Gordon-Levitt) seorang mantan agen CIA Amerika Serikat (juga NSA) yang telah membocorkan ribuan dokumen rahasia kepada media. Dokumen rahasia itu berisi kesimpulan bahwa pemerintah Amerika Serikat selama ini memata-matai masyarakat ke jenjang yang lebih besar tanpa diketahui oleh banyak orang, termasuk merekam setiap ponsel mereka.

Di film ini sutradara berusaha “memperkenalkan” siapa Snowden sebenarnya, mulai dari ia masuk militer di tahun 2004, tetapi karena tulang kakinya patah ia harus keluar dari militer. Di tahun 2006 ia training di Central Intelligence Agency dibawah bimbingan Corbin O’Brian (Rhys Ifans). Di CIA ini Snowden juga bertemu dengan Professor Hank Forrester (Nicolas Cage), yang malah kemudian menjadi lebih akrab dibanding dengan O’Brian tentornya Snowden. Diluar dunia kerjanya, Snowden chatting dengan teman perempuannya Lindsay Mills (Shailene Woodley), setelah lama chatting, kemudian mereka bertemu, kemudian jalan-jalan, kemudian ciuman, kemudian pacaran deh mereka. Asyik ya, gak ada proses galaunya. Hahaha.

Snowden dan Lindsay
sumber : google.com

Iya, sudah bisa ditebak selanjutnya, Lindsay pun mengikuti kemanapun Snowden pergi, termasuk ketika Snowden pindah ke Geneva, Swiss di tahun 2007. Lindsay membantu Snowden untuk mencari banker untuk tujuan pengawasan. Setelah berhasil, mereka berdua pindah ke Hawaii untuk bekerja di NSA (National Security Agency). Disinilah Snowden mulai menyadari bahwa pemerintah secara aktif mematai-matai orang (termasuk hidup Snowden dan Lindsay) memakai sejumlah program, termasuk PRISM, program yang dibuat oleh Snowden.

Setelah menyadarinya, Snowden berniat untuk mengungkap skandal yang terjadi di NSA. Ia mulai mengumpulkan bukti dokumen yang mengungkap tentang praktik pengawasan NSA. Ia bekerja sama dengan surat kabar The Guardian untuk mengungkap skandal yang terjadi di dalam NSA tersebut. Beritanya pun tersebar luas sampai ke penjuru dunia, sampai-sampai Snowden harus meninggalkan negara tersebut dan juga cintanya, Lindsay. Banyak yang menganggapnya sebagai pengkhianat. Tetapi tidak sedikit juga yang mengganggapnya sebagai pahlawan.

Menurut saya waktu 2,5 jam buat menonton film ini terasa sangat lama. Mungkin karena keinginan dari sutradara yang ingin memperkenalkan dari awal siapa sebenarnya Snowden. Bagaimana kehidupan Snowden diluar dunia kerjanya. Ditambah lagi ada beberapa istilah di dunia komputer atau hacker yang membuat kita orang awam tidak mengerti menjadi bertanya-tanya sehingga tidak bisa menikmati film ini. Diawal film memang sudah dijelaskan, bahwa film ini berdasarkan kisah nyata yang di “dramatisasi”. ┬áTetapi secara keseluruhan film ini bagus. Tidak ada salahnya buat ditonton. Diakhir film pemeran Edward Snowden diperankan oleh Edward Snowden “asli” nya. Ia menceritakan apa yang terjadi di kehidupannya setelah kejadian tersebut.

ki-ka : Edward Snowden “asli” dan Joseph Gordon-Levitt (pemeran Edward Snowden)
sumber : google.com

Menurut anda yang sudah menonton film ini, Snowden seorang pengkhianat atau pahlawan? Silahkan tulis tanggapan kalian di kolom komentar. Terima kasih buat yang sudah mampir dan memberikan tanggapan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Cheers.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: