Review Film Sully

Kembali lagi saya akan mereview film box office yang sedang tayang di bioskop kesayangan kita semua. Saya baru punya kesempatan nonton film Sully kemarin (Rabu, 14 September 2016). Padahal tayang di bioskop Indonesia sudah dari tanggal 09 September 2016 kalau tidak salah.

Sully merupakan film garapan sutradara Clint Eastwood, dan film ini berdasarkan dari kisah nyata seorang penulis buku dan juga aktor Chesley Sullenberger “Sully” . Film ini bercerita tentang seorang pilot bernama Sully (Tom Hank) yang berhasil mendaratkan pesawat yang rusak (akibat ditabrak burung di udara) di sungai Hudson dan menyelawatkan 155 orang yang ada di dalam pesawat tersebut. Yang kemudian kejadian ini dikenal dengan sebutan Miracle On The Hudson dan tentunya Sully dianggap sebagai pahlawan.
Film yang berdurasi selama 95 menit ini memang memiliki cerita sederhana menurut saya. Sesederhana pilot menerbangkan pesawat kemudian ditabrak burung kemudian mesin rusak kemudian harus mendarat darurat di sungai yang jika tidak akan mengakibatkan banyak korban jiwa. Selesai. Namun sepanjang menonton film ini, kita dibuat penasaran. Saya sih penasaran, mungkin kalian juga akan penasaran. Di awal cerita kan susah dijelaskan kalau si Sully berhasil mendaratkan ni pesawat, dan semua penumpang termasuk awak kabin pesawat juga selamat. Tetapi tetap saja si Sully dan Co-pilotnya (Aaron Eckhart) harus menjalani investigasi terkait kecelakaan pesawat ini yang akan mempertaruhkan karir dan reputasinya. Bukan investigasinya yang menjadi masalah di saya, tetapi para pimpinan investigasinya Ben Edwards (Jamey Sheridan), Elizabeth Davis (Anna Gun) yang membuat saya berpikir “Kok kayak gini kali mereka terhadap si Sully” .
Ki-ka : Sully dan Co-pilotnya (Jeff)
sumber : google.com
Iya, di film ini, terutama di bagian investigasi atau penyelidikan, si Sully dan Co-pilotnya ini dibuat seolah-olah melakukan kesalahan yang sangat fatal (mendaratkan pesawat) di sungai, padahal kan semuanya selamat. Para penumpang juga semuanya mengapresiasi dengan mengucapkan terima kasih banyak atas apa yang dilakukan Sully dan Co-pilotnya. Saat itu juga Sully pun dianggap pahlawan oleh masyarakat. Namun para pemimpin investigasi ini dibuat seolah-olah sangat sirik dan dengki dengan “kesuksesan” si Sully dalam mendaratkan pesawat tersebut. Di tambah lagi acting Tom Hank (Sully) dalam film ini yang dibuat seolah-olah trauma, tegang, plin-plan, ragu, bingung tak tahu arah jalan pulang (lho?? kok jadi lirik lagu) setelah berhasil mendaratkan pesawat dan sebelum investigasi berlangsung, yang membuat saya sebagai penonton awam kembali berpikir, “Jangan-jangan memang ada sesuatu yang disembunyikan si Sully”.
Saat persidangan terlihat tegang
sumber : google.com
Menurut saya Tom Hank sangat tepat memerankan “Sully” di film ini, acting nya sebagai Sully dapet banget meskipun actingnya seperti yang saya sebutkan diatas (mungkin karena seperti itu makanya feel nya berasa dapet ya). Dia bisa menggambarkan seorang Sully yang merupakan seorang pilot senior, rendah hati yang sudah memiliki banyak sekali pengalaman dalam dunia penerbangan. Di dalam sidangnya juga dijelaskan mengapa dia melakukan hal itu, mengapa keputusan tersebut yang diambilnya, yang kesemuanya merupakan pengalaman dia sebagai seorang pilot professional. Dan membuat pimpinan sidang dan peserta sidang menggangguk seolah mengiyakan alasan dari Sully tersebut.
Saat memberikan arahan kepada penumpang di pesawat
sumber : google.com
Jika ada kesempatan, tonton lah film yang bergenre drama biography ini. Saya pastikan anda yang menontonnya tidak akan kecewa. Oh iya, jangan buru-buru pulang setelah film habis, karena setelah credit title, ada cuplikan kejadian yang asli dimana penumpang yang asli dan Sully yang asli menyampaikan kesan mereka setelah kejadian pesawat ini pada tanggal 15 Januari 2009.
Selalu saya mengingatkan, bahwa tidak ada unsur merendahkan, mencemooh, ataupun merugikan pihak manapun. Tulisan ini murni hanya pendapat saya setelah menonton film ini langsung di bioskop. Mungkin ada pendapat lain dari kalian, mari kita diskusikan bersama di kolom komen. Terima kasih.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: